4 Manfaat, Menggunakan Sistem Operasi Berbasis Linux

Jakarta - Hello guys, kembali lagi dengan saya dan artikel ini. Oke, seperti biasa, saya ingin mengucapkan rasa terimakasih kepada kalian karena sudah mengunjungi artikel ini, dan terimakasih sudah membacanya. Pada kesempatan yang singkat dan mudah ini, saya masih akan membahas mengenai teknologi di era modern saat ini, namun saya tidak akan membahas gadget dan semacamnya, tapi saya akan membahas mengenai sistem operasi yang mempunyai banyak keuntungan dan kelebihan tersendiri, kalian tau sistem operasi apa? jangan katakan windows, tapi linux. Ya, linux.

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang mempunyai basis UNIX, loh? kenapa disebut unix? karena sejatinya, linux dikembangkan oleh standar yang dimiliki unix. Dalam istilah lain, linux merupakan turunan dari kakek buyut unix. Tidak hanya demikian, linux sendiri merupakan sistem operasi yang mempunyai sifat multi user dan multi tasking. Paham maksud saya? jadi begini, ketika user melakukan login/masuk dengan sistem operasi yang
sama dan waktu yang sama pula, maka tidak akan terjadi masalah sedikit pun. Untuk multitasking, linux bisa menjalankan lebih dari satu atau dua program secara bersamaan tanpa terjadi eror sedikitpun. Linux sendiri juga bersifat open source, bebas untuk mengedit file atau program tanpa ada larangan atau kendala apapun dari linux itu sendiri, tapi hanya beberapa orang saja yang paham untuk menggunakan sistem operasi linux, kebanyakan adalah orang - orang yang bergelut di bidang IT yang memahami sebuah kode/ program. Itulah kenapa para IT harus menggunakan linux sebagai sistem operasi utama nya, disamping itu juga, linux mempunyai lisensi yang bisa di dapatkan secara gratis, dan lisensi itu sendiri di beri nama GNU/GPL. Kalian tau dari kedua singkatan itu? yang pertama adalah GNL yang singkatan nya berarti General Public License, dan untuk GPU singkatan nya GNU's Not Unix, jadi kalian bebas untuk menginstall atau memberi izin segala aplikasi yang ada di luar aplikasi linux, dan hebatnya lagi? kalian bisa dapatkan secara gratis. Linux berbeda dengan windows, kalau windows, kita harus membeli OS tersebut dengan cara membayar kepada pihak Microsoft, dan sudah tentu sifatnya Close Source. Windows itu hanya akan cocok untuk Desain Grafis/ pengelola software video, Photo dsb. Tidak cocok jika di gunakan untuk membuat  sebuah program/ aplikasi, karena akan banyak mendapatkan pesan eror yang akan sering muncul nantinya. Oke, kita akan membahas mengenai masalah grafis, untuk grafis dan UI(User Interface) windows akan lebih unggul daripada linux, dari segi grafis kita bisa menyimpulkan bahwa windows lebih cocok untuk para pekerja kantoran, dan pelajar/ anak sekolahan. Oke guys, semua yang sudah saya rinci hanya sebagai pembukaan, dan pengenalan saja. Kembali ke pokok pembahasan mengenai "Manfaat ketika menggunakan sistem operasi linux". Penasaran, simak ulasan berijut dibawah ini; 
  • Free dan Bersifat Open Source 
Seperti yang saya sudah katakan, bahwasannya linux merupakan sistem operasi yang bersifat open source, artinya kalian bebas untuk mengedit dan mengelola semua file yang berada di sistem operasi linux itu sendiri. Namun, kalian harus hati - hati jika memang penasaran untuk membongkar isi file tersebut. 
  • Aman Dari Virus 
Linux berbeda dengan windows, ya...walaupun kita tahu bahwa windows merupakan sistem operasi yang bersifat close source tapi secara logika, windows masih rentan akan serangan virus dan malware. Berbeda dengan linux, yang kuat akan ancaman dan serangan dari berbagai virus apapun. Maka dari itu, jika kalian ingin laptop atau komputer kalian bebas dari virus, gunakan lah os linux, tapi kalian harus memahami terlebih dahulu dan harus mempelajari nya lebih dalam.
  • Sering Mendapatkan Eror
Untuk orang awam, dan baru mengenal linux, tentunya pasti akan sering mendapatkan kesalahan - kesalahan yang tak terduga, namun kalian harus tau! dibalik kesalahan - kesalahan itu mempunyai makna dan kalian bisa mempelajari nya agar lebih bisa paham. Sama halnya seperti masa lalu, kalian tidak bisa kembali ke masa lalu, yang hanya kalian lakukan adalah belajar dari masa lalu itu sendiri. Dan jadikanlah sebuah pelajaran untuk kedepan nya, dan begitu pula dengan linux.
  • Medukung Banyak Bahasa Pemrograman
Nah, ini merupakan keunggulan yang dimiliki linux pada sesungguhnya. Jika kalian developer/ programmer. Maka linux merupakan sistem operasi yang cocok untuk bisa kalian pakai, karena kenapa? karena linux sudah mendukung berbagai macam bahasa pemrograman yang ada di dunia. Dan tidak akan ada kendala apapun,  sampai saat ini saya tidak pernah mendapatkan kesalahan - kesalahan fatal, kecuali salah syntax dalam penulisan kode, dan itu merupakan hal yang wajar, bukan kesalahan sistem atau apapun. 

Oke guys, itulah ke empat keunggulan yang dimiliki oleh sistem operasi linux, jika kalian minat untuk mempelajari nya? maka niat kan tekad itu secara kuat dan sungguh - sungguh, oke guys, hanya sedikit yang bisa saya sampaikan untuk kalian semua para pembaca blog ini, kurang nya kalian bisa tambahkan di dalam kolom komentar, jangan sungkan untuk mengeluarkan pendapat apapun, semoga bermanfaat untuk kita semua, dan terimaksih sekali lagi karena sudah mengunjungi dan membaca artikel ini, sekian dan terimakasih.

Labels: REFERENSI

Anda baru saja membaca artikel 4 Manfaat, Menggunakan Sistem Operasi Berbasis Linux. Silakan share artikel ini ke media sosial anda.

Bagikan:

0 Komentar untuk "4 Manfaat, Menggunakan Sistem Operasi Berbasis Linux"

close