INILAH MANFAAT SERAI TERHADAP KANKER YANG BELUM BANYAK DIKETAHUI...!

Serai adalah bahan yang biasa digunakan baik sebagai bumbu dan sebagai bahan dalam teh herbal. Dalam beberapa tahun terakhir, serai telah menerima banyak sorotan seputar potensinya untuk mengobati atau mencegah kanker. Artikel ini engeksplorasi sejauh mana klaim-klaim ini telah diverifikasi oleh sains, dan mekanisme di mana ia dianggap serai mungkin dapat mengobati atau mencegah kanker.

Citral:
Citral adalah komponen utama dari minyak atsiri serai, yang mengandung lebih dari setengah total kandungan minyak. Citral adalah salah satu dari banyak bahan kimia yang memberikan serai aroma lemony yang kuat, dan juga ditemukan dalam lemon dan sejumlah ramuan beraroma lemon lainnya.

Citral telah diteliti karena potensinya untuk mengobati kanker, karena kemampuannya untuk menginduksi kematian sel (apoptosis) dalam sel kanker. Sel-sel kanker dapat berproliferasi sebagian dengan menonaktifkan program kematian sel, yang biasanya menyebabkan sel-sel yang rusak atau bermutasi menjadi rusak sendiri. Pekerjaan pada kematian sel induksi citral pada sel kanker berasal dari percobaan in vitro (percobaan laboratorium terkontrol, seperti dalam tabung reaksi atau cawan petri), dan hasil ini belum diverifikasi dalam penelitian pada manusia atau hewan. Tidak diketahui sejauh mana sifat-sifat ini benar-benar akan membawa ke manusia minum teh serai atau mengambil ekstrak serai sebagai suplemen herbal.

Citral juga telah dipelajari untuk mekanisme lain dari tindakan anti-kanker. Sebuah penelitian pada tikus menemukan Citral untuk menghambat pembentukan asam retinoat dari retinol, reaksi kimia yang terlibat dalam pembentukan tumor kulit.


BACA JUGA :





Aktivitas anti-kanker lainnya dari serai:
Serai juga memiliki sejumlah konstituen aktif lainnya dengan sifat obat, termasuk geraniol dan sitronelol. Beberapa penelitian telah melihat serai secara keseluruhan, daripada bahan kimia komponen individu. Satu penelitian pada tikus menemukan serai untuk melindungi terhadap pembentukan sel kanker di hati. Ada juga beberapa bukti bahwa serai menghambat pembentukan kanker di saluran pencernaan.

Serai juga telah ditemukan memiliki efek antioksidan kuat - lebih kuat dari pengawet BHA dan BHT. Antioksidan sering disebut-sebut memiliki potensi untuk mencegah kanker, meskipun klaim ini kontroversial dan tidak benar secara universal. Namun, ada manfaat lain untuk antioksidan, termasuk pencegahan pembusukan makanan. Manfaat ini telah ditetapkan dengan kuat untuk serai - ramuan bertindak sebagai pengawet alami yang kuat.

Singkatnya:
Penelitian tentang serai dan perannya dalam pencegahan atau pengobatan kanker masih lemah dan tidak meyakinkan. Namun, ada beberapa bukti bahwa serai dapat bermanfaat untuk mencegah atau mengobati kanker. Sejumlah komponen kimia yang berbeda dari minyak atsiri serai telah dipelajari untuk sifat anti-kanker, dan sejumlah mekanisme anti-kanker yang berbeda telah dibahas.

Serai telah dipelajari di laboratorium hewan untuk potensinya untuk mencegah pembentukan beberapa jenis tumor dan kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker saluran pencernaan, kanker paru-paru, kanker hati, kanker kulit dan lainnya sejumlah jenis tumor lainnya. . Percobaan in vitro dan beberapa penelitian hewan menunjukkan hasil yang menjanjikan untuk pencegahan, dan untuk beberapa derajat untuk pengobatan, tetapi belum ditunjukkan apakah manfaat ini dibawa melalui ke manusia. Selain itu, dosis yang diperlukan untuk mencapai manfaat apa pun pada manusia (jika ada) juga tidak diketahui.

Bagaimanapun itu, serai tetap aman untuk konsumsi umum baik sebagai bumbu dan sebagai teh herbal, dan tidak ada efek samping yang telah didokumentasikan dari penggunaan moderat teh serai. Selain itu, ia memiliki aroma lemon yang menyenangkan. Bagi orang-orang yang tertarik dalam pencegahan kanker, serai tentu tidak bisa disepelehkan dan mungkin patut dicoba.

Labels: HERBAL

Anda baru saja membaca artikel INILAH MANFAAT SERAI TERHADAP KANKER YANG BELUM BANYAK DIKETAHUI...!. Silakan share artikel ini ke media sosial anda.

Bagikan:

8 Komentar untuk "INILAH MANFAAT SERAI TERHADAP KANKER YANG BELUM BANYAK DIKETAHUI...!"

Baru tau serai bs jadi obat kanker,

Saya denger ada 1 jenis ubi yg juga bisa jadi obat kanker mungkin agan tau?

baru tau saya klo serai sebagai obat kanker..
thanks infonya,gan

Tanaman yg mudah didapatan ternyata banyak khasiatnya juga ya

Thanks gan ... saya pengen nyembuhin kangengker yang tak kunjung sembuh meskipun ane kerja banting tulang gan #kantongkering

close